Resep Donat Kentang: Tips Mudah Membuat Donat Empuk dan Lezat


2. Bahan-Bahan yang Diperlukan



Untuk membuat donat kentang yang empuk dan lezat, kamu membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu, kentang, ragi instan, gula, susu bubuk, telur, dan mentega. Pastikan semua bahan yang digunakan sudah diukur dengan tepat agar menghasilkan donat yang sempurna.


3. Cara Membuat Adonan Donat



Pertama-tama, kukus kentang sampai empuk dan haluskan dengan garpu. Campurkan kentang yang sudah halus dengan tepung terigu, ragi instan, gula, susu bubuk, telur, dan mentega. Uleni adonan hingga kalis dan elastis.


4. Istirahatkan Adonan



Setelah diuleni, istirahatkan adonan donat selama 30-60 menit agar adonan mengembang dan teksturnya menjadi lebih lembut.


5. Bentuk Adonan Donat



Setelah adonan istirahat, ambil adonan dan bentuk sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa menggunakan cetakan donat atau membentuk dengan tangan. Pastikan ukuran donat sama agar matangnya merata.


6. Goreng Donat



Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng donat hingga kecoklatan. Pastikan api tidak terlalu besar agar donat matang merata dan tidak gosong.


7. Tiriskan Donat



Setelah matang, angkat donat dan tiriskan minyaknya. Kamu bisa meletakkan donat di atas kertas tisu agar minyak lebih cepat terserap.


8. Hias Donat



Setelah donat sudah dingin, kamu bisa menghiasnya dengan gula halus atau coklat leleh sesuai dengan selera kamu.


9. Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk



Agar donat kentang yang kamu buat empuk dan lezat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Pertama, pastikan adonan diuleni dengan baik agar adonan kalis dan elastis. Kedua, istirahatkan adonan selama 30-60 menit agar adonan mengembang dan teksturnya menjadi lebih lembut. Ketiga, pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu panas agar donat matang merata dan tidak gosong.


10. Penyimpanan Donat Kentang



Donat kentang bisa disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan selama 2-3 hari. Jika ingin menyimpan lebih lama, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas selama 1 minggu atau di dalam freezer selama 1 bulan. Sebelum disajikan, kamu bisa menghangatkannya terlebih dahulu di dalam oven atau microwave.
Itulah beberapa tips mudah membuat donat kentang yang empuk dan lezat. Selamat mencoba dan semoga sukses!

close